Langsung ke konten utama

Kebiasaan Buruk Rapat

Dengan perkembangan teknologi saat ini, kita sering tidak sadar bagaimana menggunakan teknologi yang tepat pada saat rapat. Sebagai contoh, pengunaan notebook. Kita sering menjumpai peserta rapat yang sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Bahkan, di banyak daerah, saya melihat ketika pimpinan memberikan pengarahan pun banyak peserta yang asyik dengan notebook-nya masing-masing.

Bagi pimpinan yang tidak mengetahui penggunaan teknologi informasi yang tepat, mereka berberfikir bahwa anak buahnya itu sedang mencatat arahannya. Padahal, tidaklah demikian. Mereka sedang asyik mengakses internet atau mengerjakan hal lain yang tidak terkait langsung dengan topik rapat. Atau bahkan merupakan pengalihan dari ketidaktertarikan mereka dengan arahan pimpinan.

Pada lingkungan kerja saat ini, memang multi-tasking adalah hal yang tidak terhindarkan. Teknologi memungkinkan manusia mengerjakan banyak hal pada waktu yang sama. Buruknya, kualitas kerja pun menjadi kurang diperhatikan. Manusia banyak yang tidak fokus dalam bekerja. Mereka kurang bisa meresapi secara mendalam hal-hal yang dikerjakannya. Manusia cenderung cepat berpindah dari topik yang satu ke topik yang lain. Hal ini pun juga merembet ke pemberitaan di media. Media cenderung saat ini mudah berpindah dari isu yang satu ke isu lain. Akhirnya, tidak ada penyelesaian terhadap isu yang pernah diangkat.

Penggunaan teknologi yang tidak tepat mengakibatkan banyak rapat yang tidak efektif. Rapat pun hanya menjadi ajang seremonial. Rapat yang semestinya ditujukan untuk menghasilkan sesuatu yang bersifat kolaboratif, bersama-sama, akhirnya hanya menjadi ajang untuk bekerja sendiri-sendiri. Yang membedakan dengan bekerja tanpa di ruang rapat adalah adalah mereka berada pada ruang yang sama, tetapi tidak secara khusus untuk menuntaskan masalah bersama.

Sebenarnya, penggunaan teknologi yang tidak tepat ini pun sudah berlangsung lama. Jauh sebelum adanya teknologi komputer. Kalau Anda perhatikan, hal ini juga terjadi pada waktu penggunaan buku kerja atau agenda dengan tulisan tangan. Perhatikanlah bahwa banyak peserta rapat hanya mencatat hal-hal yang disampaikan pimpinannya. Rapat yang mestinya dua arah, akhirnya hanya dialog satu arah, monolog.

Kebiasaan mencatat ketika rapat sebenarnya juga merupakan upaya seseorang memproteksi dirinya agar terhindar berkomunikasi atau berdialog langsung dengan pimpinannya. Pada umumnya karena dibentuk oleh budaya feodalisme mereka takut bertatapan mata langsung dengan pimpinannya. Padahal, pada suatu rapat dibutuhkan dialog dua arah, bukan monolog. Dialog ini dapat dibangun jika masing-masing pihak bertatapan muka secara langsung. 

Buku kerja atau agenda adalah salah satu teknologi yang salah digunakan. Manusia menggunakannya secara tidak tepat. Pimpinan rapat pun melihatnya sebagai hal yang baik ketika semua stafnya pada saat rapat mencatat. Padahal, kegiatan mencatat itu adalah pengalihan dari kesungkanan mereka berdialog dengan pimpinan rapat. 

Karena itulah, saya termasuk malas mengikut rapat. Jika isi rapat tidak ada dialog, maka rapat menjadi membosankan. Para pihak tidak bisa saling mengkonfirmasi apa yang disampaikan oleh masing-masing pihak. Saya lebih bersedia mengikut rapat yang isinya ada dialog. Agar dialog ini dapat berjalan, maka berbagai penggunaan teknologi harus diminimalkan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGALAMAN MELELAHKAN DI HOTSPOT J.CO

Hari Minggu 13 April 2008 lalu saya mampir di J.CO Donuts & Coffe di Bintaro Plaza. Sambil mencicipi kopi latte seharga Rp26 ribu, yang tentunya cukup mahal bagi kantong orang sekelas saya, saya mencoba mengakses Internet dari Hotspot café ini.  Setelah membayar di kasir dan menunggu antrian dari seorang pria peracik kopi yang tidak terlalu ramah, saya kemudian dipanggil untuk mengambil kopi saya yang masuk dalam antrian. Kalau tidak bertanya, ternyata petugas kopi café ini tidak menawarkan langsung akses gratis hotspot ke Internet yang dipromosikan café ini.   Setelah saya bertanya, apa password hotspot -nya, barulah diberi tulisan password di kertas bill saya, yaitu "hazelle dazele". Cukup bingung, saya tanya ke petugasnya, apakah password itu pakai spasi atau tidak. Dia jawab, “Tidak”. Kemudian, saya mencoba men- setup akses dengan O2. Aneh juga, signal hotspot -nya hilang-hilang timbul.  Yang cukup kuat malah dari café Ola La yg berada di lantai 2. Setelah b

Menafsirkan Kerugian Negara

Teringat Kasus Indosat-IM3 dan munculnya diskusi kerugian perekonomian negara, saya jadi teringat lagi dengan tulisan lama saya beberapa dekade lalu yang sayang untuk dibuang di KONTAN EDISI 36/IV Tanggal 5 Juni 2000.   Menafsirkan Kerugian Negara Rudy M. Harahap Pengamat Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah                                       Saya pernah bertanya kepada mahasiswa di kelas, ketika menyajikan kuliah akuntansi perbankan. Menurut saya, pertanyaan ini mestinya cukup sulit dijawab: "Misalkan Anda menjadi manajer bank dan ada kredit nasabah yang macet. Tentu, Anda tidak ingin gara-gara kredit macet ini kinerja Anda dinilai jelek. Apa yang akan Anda lakukan?" Ternyata, beberapa mahasiswa merasa tak sulit menjawab pertanyaan itu. Dengan enteng, mereka menjawab: "Ya, diskedul ulang saja, Pak. Terus, naikkan plafon pokok utangnya. Selisih antara pokok utang yang lama dengan pokok utang yang baru dikompensasikan saja ke tunggakan cicilan pokok dan tung

MANAJEMEN KINERJA: MENGGUNAKAN SISTEM PENGENDALIAN SECARA STRATEGIS SEBAGAI ‘REM’ DAN ‘GAS’ DI ORGANISASI SEKTOR PUBLIK

Secara regulasi, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015  ternyata telah mengarahkan perubahan birokrasi kita dari yang dulunya kebanyakan berorientasi pada peraturan ( rules-oriented)  menjadi berorientasi kinerja ( performance-oriented). Dengan kata lain, regulasi kita telah mengarahkan agar kita berubah dari tadinya lebih menekankan pada pengendalian administratif ( administrative control ) menjadi lebih menekankan pada pengendalian hasil ( results control ). Namun, nyatanya, masih banyak yang ragu-ragu dan mempertanyakan apakah kita mesti lebih berorientasi pada peraturan atau lebih berorientasi pada kinerja  (Hartanto, 2018) . Keraguan terkait orientasi tersebut konsisten dengan keluhan beberapa kali Presiden Joko Widodo ketika melihat perilaku birokrasi kita. Ber kal -kali ia telah menyatakan bahwa organisasi sektor publik di Indonesia (baca: instansi pemerintah) kebanyakan menggunakan sumber dayanya ( resources ) hanya untuk ke